Pembangunan JLS Mulai Dilanjutkan

ΞMonday, August 6, 2007|→

PATI -Pelaksanaan pekerjaan Jalur Lingkar Selatan (JLS) Pati oleh PT Margo Tresno Karya Semarang, yang Selasa (3/7) lalu berhenti total, Rabu (4/7) mulai dilanjutkan. Tahapan pekerjaan beberapa hari terakhir ini, adalah penggalian lokasi ujung JLS dari barat (Semarang).

Pimpinan pelaksana lapangan rekanan, Bambang PW, ketika dihubungi membenarkan hal itu. Berhentinya pelaksanaan pekerjaan, sebenarnya tidak ada masalah apa-apa. Itu semata-mata karena pihaknya mengurus pembayaran termin pertama untuk pekerjaan yang sudah dilaksanakan.

Diakui, hingga Rabu kemarin hal tersebut belum beres. "Namun mudah- mudahan dalam waktu tidak lama lagi masalah itu bisa segera dituntaskan,"ujarnya.

Seorang stafnya di lapangan, Darsono ketika ditanya berkaitan berhentinya pelaksanaan pekerjaan itu juga menyatakan tidak tahu. Namun kemarin, pekerjaan sudah dilanjutkan lagi untuk penggalian lokasi ujung lingkar tersebut.

Bahkan, katanya, alat berat untuk pekerjaan penggalian juga baru didatangkan ke lokasi. Sebab, alat yang sama dan dioperasikan sebelumnya rusak, sehingga harus secepatnya diganti agar tidak menghambat pekerjaan. "Untuk menuntaskan pekerjaan galian itu, kira- kira membutuhkan waktu sekitar lima hari,"ujarnya.

Ditambah

Sehubungan hal tersebut, dump truck pengangkut galian tanah juga ditambah. Jika sebelumnya hanya ada empat, mulai sekarang menjadi delapan buah, sehingga proses pembuangan tanah galian bisa lebih cepat.

Apalagi, untuk lokasi pembuangan tanah galian jaraknya dari ujung JLS juga tidak jauh. Yakni, di Dukuh Gantungan, dan masih dalam wilayah Desa Sokokulon, Kecamatan Margorejo.

Pihaknya memperkirakan penggalian bisa selesai dalam waktu lima hari, karena untuk menggali lokasi lingkar sepanjang 50 meter itu kedalamannya mencapai 220 cm. "Sekarang sudah tergali sekitar 160 cm, sehingga tinggal 60 cm."

Akan tetapi, penggalian yang dilakukan kemarin adalah lokasi lingkar yang harus digali dengan kedalaman 90 cm. Jika seluruh tahapan pekerjaan tersebut sudah diselesaikan, maka secepatnya akan disusul dengan pengurukan kembali. "Untuk keperluan itu, material tanah uruk yang lebih banyak mengandung campuran padas tersebut sudah tersedia." (ad-36)

Dari: wong-pati yahoo groups

0 komentar: