Pati Akan Memiliki 126 Kaveling Taman

ΞMonday, August 6, 2007|→

PATI - Sebagai upaya memaksimalkan partisipasai masyarakat perkotaan untuk menciptakan keindahan Kota Pati, Dinas Permukiman dan Prasarana (Diskimpras) setempat kini telah menetapkan 126 kaveling taman. Lokasinya di sepanjang daerah milik jalan (DMJ) dalam kota.

Di samping itu, ujar Kasubdin Kebersihan dan Pertamanan Diskimpras Sukiman, pihaknya juga telah menetapkan 89 kaveling lokasi kebersihan.

Untuk mengelola lokasi taman dan kebersihan tersebut, pihaknya akan melibatkan jajaran dinas/instansi atau semua satuan unit kerja perangkat daerah (SKPD).

Untuk mulai melaksanakan pembuatan taman pinggir jalan yang menjadi tanggung jawab tiap dinas/instansi tersebut akan segera dilakukan pengundian.

Hal itu dimaksudkan, agar tidak muncul anggapan bahwa pembagian kaveling lokasi taman dan kebersihan tersebut tidak fair.

Dengan demikian, jika dinas/instansi mendapat satu kaveling taman juga sekaligus lokasi kebersihan.

Pengundian tersebut menyesuaikan dengan jumlah SKPD. Karena itu, dari jumlah kaveling yang tersedia dipastikan akan ada kelebihan. "Berikutnya baru pengundian untuk jajaran perusahaan dan lembaga lain termasuk perbankan," ungkapnya.

Tumbuh Partisipasi

Dengan pola demikian, diharapkan warga kota khususnya yang berdiam di pinggir jalan akan tergerak dan tumbuh partisipasinya. Minimal, yang di depan rumahnya terdapat taman, akan ikut menjaga dan merawat.

Apalagi, tidak sedikit anggota masyarakat jahil terhadap fasilitas umum. Dengan demikian, secara tidak langsung mereka harus dilibatkan untuk membantu mengawasi dan menjaganya sehingga tidak pasif serta masa bodoh.

Kepada jajaran dinas/instansi, jika nanti penanganan kaveling taman dan kebersihan tersebut sudah dicanangkan, diharapkan secara sungguh- sungguh melaksanakan.

Hal itu bukan hanya sekadar pembuatan taman di pinggir jalan melainkan sebagai upaya memacu motivasi masyarakat untuk berpartisipasi.

Hanya dengan partisipasi aktif warga perkotaan yang di pinggir jalan, akan diikuti warga lain yang berdiam di pinggir jalan dalam kampung dan lingkungan sekitarnya.

Contoh partisipasi tersebut, kini telah ditunjukkan seorang warga Plangitan, Kecamatan Pati.

Pemilik rumah di pinggir Jalan Ronggowarsito itu telah menata halaman depannya yang sempit dengan membuat taman yang indah.

"Dampak itulah yang kami inginkan sehingga tidak semua menjadi beban Pemkab," tandasnya.

Dari: wong-pati yahoo groups

0 komentar: