SIAK KTP Di-Launching Agustus

ΞTuesday, July 31, 2007|→

PATI - Komitmen penerapan Sistem Informasi dan AdministrasiKependudukan (SIAK) dalam urusan pencatatan kependudukan di Kabupaten Pati secara serentak mulai direalisasikan di 21 kecamatan pada Agustus mendatang. Hal itu sejalan dengan penunjukan Pemerintah
Pusat yang memilih Pati sebagai pilot project SIAK tahun ini.

Kepala Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Kandukcapil) Ali Arifin SH SSos MM mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah mempersiapkan tower satelit, perangkat komputer, dan radio komunikasi untuk program SIAK ini di tiap kecamatan.

Online
Dengan demikian, pembuatan administrasi kependudukan, seperti KTP dan KK, bisa dilayani di tiap kecamatan secara online.

"Pekan pertama Agustus nanti, kami akan uji coba," ujar dia, kemarin.
Untuk mengoperasikan sejumlah perlengkapan berteknologi tinggi itu, pihaknya juga telah menyiapkan 60 tenaga profesional.

"Mereka telah melalui pelatihan dan bimbingan teknologi secara khusus," tandas dia.

Dia menyebutkan, launching program SIAK itu dibarengkan dengan HUT Ke-684 Kabupaten Pati pada Agustus nanti. Pati termasuk daerah yang ditunjuk khusus oleh Pemerintah Pusat
untuk melaksanakan SIAK lebih awal dari daerah lain di Jateng.

Selain memberikan kemudahan bagi pemohon, lanjut Arifin, SIAK juga bertujuan untuk menghindari kepemilikan KTP ganda. Sebab, KTP yang berlaku ke depan adalah bernomor induk nasional.

"Setiap penduduk tidak bisa membuat KTP lebih dari satu karena datanya online nasional," tandasnya. (fen-69)

Dari: wong-pati yahoo groups

0 komentar: