Kembali

ΞWednesday, June 27, 2007|→

Hujan jam tiga sore ini
Mengingatkanku akan masa kecilku
setelah habis tidur siang
duduk diteras memandangi
hujan deras yang tiada kunjung reda
termangu sendirian melamun tidak bisa keluar
atau marah pada langit karena tak bisa main layang-layang
Tapi entah kenapa ada perasaan senang dan damai melihat air bak tumpah dari langit
atau mendengar gemiriciknya air
yang hampir selalu tiada terbayangkan

Ku kembali teringat akan masa SMP atau zaman SMA,
masa sekolah yang sekarang masih aku katakan sebagai masa terindah bagiku
Saat pulang dari sekolah hujan turun
Dengan jiwa muda kutembus gemuruhnya hujan
atau kadang-kadang juga berteduh di halte sambil melihat ulah manusia

Kenapa aku terus teringat akan masa itu
apakah karena hujan sore ini atau memang kerinduanku kepada dia
Memang aku agak takut untuk melihat masa depan
dan merencanakannya kelak
lebih mudah bagiku untuk bernostalgia dan menertawakannya

Genangan air di halaman menutupi rumput-rumput kecil
yang berusaha menyela rumput dan rontokan bunga bougenville
untuk bertemu dengan sang tanah yang lembut
suara radio dalam rumah pun mengalunkan sebuah lagu klasik
di kedalaman hatiku rasanya ingin kembali lagi
ke masa-masa dimana aku
tiada dengan rumit memikirkan logika dan fakta
tiada terlalu banyak berfikir
tiada banyak pertimbangan

Terlalu banyak kombinasi matriks dihadapanku
Yang belum bisa aku petakan dan modelkan
Hingga menemukan cara untuk penyelesaiannya
Apa aku terlalu banyak tahu
sehingga takut akan berbuat sesuatu
takut terjadi hal-hal yang buruk dan memalukanku

0 komentar: