Review Film (1)

ΞTuesday, June 26, 2007|→

Beberapa minggu terakhir ini aku terpikirkan bagaimana kalo aku buat review mengenai film-film yang udah atau baru aku tonton. Yah iseng aja untuk menge-list beberapa film yang udah aku tonton, memberikan preferensi kepada pembaca dan membuat rating sendiri berdasarkan diriku sendiri yang menilainya.

Mengenai rating aku bagi dua, yaitu untuk film Indonesia dan film non-Indonesia, skala penilaianku, faktor-faktor/kriteria-kriteria yang aku gunakan akan sedikit berbeda.
Misalnya, untuk rating film Indonesia 8, aku buat beda dengan film non-Indonesia yang aku beri rating 8, akan lebih bagus karena kualitas film non-Indonesia tentu lebih baik dan jumlah film non-Indonesia yang jauh lebih banyak dari film Indonesia.
Kasarnya jika film non-Indonesia aku beri rating 8, itu mungkin sama dengan film Indonesia yang aku beri rating 9 atau bahkan lebih jika dilihat dari kualitasnya.

Sebagai catatan untuk rating, ini bener-bener dari penilaianku sendiri, so, jika ada yang tidak setuju, yah maklum aja, mungkin kita melihatnya dari sudut pandang yang berbeda-beda.
Misalnya film yang pembaca anggap jelek, tapi aku kasih rating 8, ato malah sebaliknya, film kesayangan anda aku kasih 6. Comment aja yah biar kita dapat berdiskusi. Eh, untuk kesimpulan, ketika aku kasih film dengan rating 8 (istimewa), yah layak ditonton film itu, ketika misalnya 8,5 (sangat istimewa) mmmm harus nonton lah, apalagi 9 (luar biasa istimewa) kudu segera nonton film itu.
Okeh!!!

Yup, aku mulai dengan beberapa film yang aku tonton




1. Rocky Balboa - 2006 (8.7/10)
Aku kaget tiba-tiba katanya tahun 2007 bakal ada film lanjutan Rocky Balboa. Hah, sejak 80'an gitu, dari Rocky I,II,III,IV dan V. Apa Sylvester Stallone masih kuat?Yah, untuk bernostalgia apa salahnya nonton film yang dulu pernah aku suka pas jaman SD. Dan komentarku, luar biasa. Film Rocky terbaik yang pernah aku tonton. Aku terbius melihat aktingnya Stallone. Dialognya, settingnya, sinematografinya, original soundtrack-nya yang khas, semuanya mempesonaku, bahkan endingnya-pun aku pikir sangat brilliant. Jadi nilai 8,7 sangat pantas untukfilm ini.
Salute.








2. Illusionist - 2006(8.0/10)

Film ini menceritakan tentang seorang pesulap aliran illusionist. Pertama nonton mengingatkanku pada film The Prestige. Aku nggak comment banyak untuk film ini, pertama emang menarik, yang terus aku fikirkan yaitu bagaimana endingnya. Sempet aku yakin
bahwa endingnya akan begini, tapi aku ragu juga, tapi ternyata endingnya seperti yang aku pikirkan, so yah ketebak. Tapi dibalikitu semua, akting para pemainnya bagus, sinematografinya juga bagus.
Bolehlah...







3. Paradise Now - 2005 (7.0/10)

Ini film settingnya di Palestine, menceritakan mengenai bom bunuh diri. Tapi film ini kenapa yah, aku nggak merasa cocok. Tokoh-tokoh yang beragama Islam disini digambarkan dengan merokok, berkata kasar, tetapi sekaligus mengucapkan assalamualaikum, Insya Allah, membaca al-Quran, berdoa.
Ah, no comment juga sih.











4. Enemy at The Gates - 2001 (8.0/10)
Ini film lama, tapi baru-baru akhir ini aku tonton, menceritakan tentang sniper rusia di jaman Perang Dunia II. Diawali dengan perang yang luar biasa, mengingatkanku pada Saving Private Ryan. Yang suka perang-perangan, segera tonton film ini. Ini film berdasarkan
kisah nyata loh...itu yang bikin menarik.












5. 300 - 2007 (8.3/10)

Ini film penasaran aja aku pengen nonton, yang direkomendasikan temen-temen sangat bagus, dan katanya neh film semuanya tuh di buat di studio dengan visual FX yang luar biasa (dan memang!). Tapi banyak kontroversial dalam film ini, melenceng dari sejarah,
atau meniru Perang Badar, yang 300 muslim melawan pasukan Quraisy yang berjumlah jauh lebih banyak.

0 komentar: