Maulud Nabi

ΞWednesday, March 19, 2008|→

Hari ini 19 Maret 2008, bertepatan dengan tanggal 12 Rabiul Awal, yakni Maulud Nabi Muhammad SAW. Walaupun banyak kontradiksi dalam peringatan ini, tapi saya yang dari kecil selalu memperingatinya, merasa perlu menulis suatu tulisan untuk peringatan tahun ini. Ya, malem ini saya nggak baca al-Barzanji, tapi sebenarnya pengen banget. Banyak membaca sholawat, sesuai dengan perintah al-Quran yakni, Al Ahzab (QS Al-Ahzab, 33:56) yang artinya berbunyi:

“"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.“"

Bayangkan saja, Allah dan malaikat saja, bershalawat untuk Nabi, kenapa kita manusia ini jarang ato malah tiada bersholawat. Shalawat sendiri adalah bentuk jamak dari kata salla atau salat yang berarti: doa, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan, dan ibadah. Arti bershalawat dapat dilihat dari pelakunya. Untuk keterangan lebih lanjut all about shalawat dapat dilihat disini.

0 komentar: