Tips Mencari di Mbah Gugel

ΞSunday, March 9, 2008|→

Artikel ini ditulis oleh Eric Sidarta di benpinter.com

Mencari informasi di Google? Gampang! Ketik aja kata yang ingin dicari, lalu klik “Google Search” (atau “Telusuri dengan Google” di Google edisi Indonesia). Apakah benar begitu? Ketiklah kompas saat Anda ingin mencari info tentang instrumen pelayaran, dijamin Anda tidak akan mendapatkan halaman yang Anda cari pada result halaman ke-1.
Bagi Anda yang sudah sampai merasa “Aduh bow, cape deh” mencari di Google, cobalah simak beberapa tips berikut ini. Mungkin banyak dari Anda sudah mahir menggunakan Google (”it’s only type and click, gitu lho!”), namun tak ada salahnya “cek dan ricek” lagi, kan?
Untuk Pemula

Rule #1: Jangan bertele-tele!
Ketik Binus dan bukan universitas di jalan Syahdan, Kemanggisan jika Anda ingin mencari website utama Bina Nusantara University. Keywords yang kedua hanya akan menampilkan Website Ditlantas Polda Metro Jaya di hasil teratas.
Rule #2: Lebih spesifik lagi
Namun ingatlah untuk sespesifik mungkin dalam mencari. Daripada mengetik Binus akan lebih baik ketik binus center kyai tapa untuk mencari alamat Binus Center di jalan Kyai Tapa. (Sekali lagi, Anda tidak bisa berharap banyak jika mengetik training center di jalan kyai tapa)

Rule #3: TaK PedUli hUruF KapiTal
Pencarian dengan keyword BenPinter akan menghasilkan result yang sama dengan BENPINTER atau benpinter.

Rule #4: Variasi Kata
Dengan teknologinya, jika kita mencari pet lemur dietary needs, maka Google juga akan mencari pet lemur diet needs, karena diet adalah kata dasar dari dietary. Namun, hal ini sepertinya belum berlaku untuk bahasa Indonesia.
Rule #5: Gunakan tanda kutip
Bedakan pencarian “to be or not to be” (dengan kutip) dengan to be or not to be (tanpa tanda kutip). Yang pertama menghasilkan kutipan terkenal di hampir semua hasil di halaman pertama, yang kedua hanya separuhnya.
Pencarian Lirik Lagu
Jika Anda hanya mengetahui penggalan lirik lagu, gunakan rule#5 yang akan sangat membantu. Mencari dengan keyword mengarungi kenangan indah bersamamu selama mentari bersinar akan menampilkan lirik “Kuingin Kembali” di halaman pertama.

Rule #6: Gunakan special character
D
ulu Google tidak mengenal karakter #, tapi sekarang sudah sampai ke taraf PDKT.. Jadi pencarian dengan keyword ”C#” bisa sangat membantu (dulunya tidak.) Special character yang dikenal seperti #, & dan +.

Rule #7: Batasi domain pencarian beberapa situs

Manfaatkan kotak tersebut untuk mencari informasi di dalam situs tersebut. Contohnya adalah kotak pencarian Google di www.diskusiweb.com.

Rule #8: Tanyakan langsung (dalam bahasa Inggris).
Saat ini kecanggihan ‘otak’ Google membuat pencarian semakin mudah, terutama info mengenai selebriti dan orang ternama lainnya. Coba ketikkan when was Agnes Monica born?, maka setidaknya di halaman pertama pasti ada hasil yang menampilkan tanggal lahirnya Agnes. Lainnya seperti (when was) Madonna (born?), Beckham, SBY, Kalla, Koizumi, De Niro, dan Whoopi Goldberg juga menghasilkan jawaban yang memuaskan. (Baru Aming Extravaganza yang gagal mendapatkan jawaban yang pas)

Rule #9: Pertajam pencarianDengan metode Refine Your Search, maka kita akan diarahkan ke keyword yang lebih pas. Misalnya jika mencari kata back pain, maka keyword tambahan yang ditawarkan Google adalah :
Treatment Tests/diagnosis For patients From medical authorities
Symptoms Causes/risk factors For health professionals Alternative medicine

Rule #10: Temukan halaman yang hilang
Seringkali ada halaman web yang tidak dapat diakses, mungkin karena servernya sedang down atau akses terbatas bagi yang meregister. Kita bisa tetap melihat halaman tersebut karena Google mengambil “potret” dari halaman tersebut yang tersimpan dalam servernya. Istilahnya cache. Jika ingin mengakses cache, klik pada kata Cached pada pencarian Google English atau Tembolok pada Google Indonesia.

Pencarian Judul Film
Lupa dengan judul film tertentu? Coba gunakan keyword movie:. Tebak apa hasilnya jika Anda mencari movie: red pill blue pill?


0 komentar: