Musik of My Life

ΞSunday, March 9, 2008|→

Bener, musik memang telah mewarnai hidupku selama ini. Membuatku semangat, bernostalgia, berjatuh cinta, beromansa, sok romantis. Aku bahkan suka dengan segala jenis aliran musik, dari yang pop, rock, rock alternative, dunk-dhut, musik padang pasir, campursari, lagu-lagu daerah, lagu klasik, insrumentalist, dan rohani. Aku menerima semuanya dengan lapang dada. Tapi emang sih, aku agak lebih suka pada musik-musik yang mellow, jebot dan jadoel, lagu-lagu everlasting love, jika dibandingkan dengan lagu-lagu baru. Lagu-lagu jaman 80-an dan terutama lagu 90-an ketika aku kecil, itulah lagu-lagu yang paling aku suka. Selalu membuatku bernostalgia.

Memang, sewaktu kecil, keluargaku suka akan musik, walopun tiada berlebihan. Kedua orang tuaku yang suka akan lagu-lagu jebot indonesia lumayan mempengaruhiku. Tapi yang paling mempengaruhiku adalah selera kakakku yang pertama akan musik, dan juga sepupu-sepupuku yang waktu aku kecil mereka pada masa puber yang lagi seneng-senengnya akan musik.

Sewaktu kecil aku dijejali oleh kakakku dengan musik mellownya michael learns to rock. Pertama kali aku mendengar dan menghafal lagu barat yaitu lagunya Sleeping Child-nya MLTR pas kelas dua SD, dan Bryan Adams dengan Sting dan Rod Stewart, All Out Love.

Booming-nya MTV pada pertengahan 90-an juga sangat mempengaruhiku dalam menikmati musik, hampir semua lagu aku suka. Memang pada waktu itu aku lebih suka musik barat jika dibandingkan dengan musik indo. Boysband juga aku suka, hehehe,,, walopun aku juga suka dengan band "slow" rock alternative macam oasis dan blur.

Ketika kuliah, update musikku tersendat, terutama musik-musik barat. Akses dan waktu untuk musik barat memang berkurang drastis. Ya, udahlah, aku lebih suka pada musik klasik dan 90-an, yang akan mengingatkanku terus pada jaman kecilku. Apalagi penyanyi dan band-band tenar 90-an juga akkhirnya mati dan bahkan membubarkan diri.

Band ato penyanyi favorit yang paling anda suka apa?
Pertanyaan yang sangat sulit sekali untuk di jawab. Banyak sih, nggak bisa secara spesifik aku nyebutinnya, soalnya aku banyak suka lagu-lagu. Tapi kalo dipaksa akau akan menggunakan pendekatan, lagu-lagu yang paling banyak aku suka dari penyanyi ato band dan sumebr inspirasiku, maka aku pilih, Michael Learns To Rock, Boyzone termasuk Ronan Keating, Haddad Alwi dan Bryan Adams.

Kalau aku dipaksa lagi untuk menentukan, maka aku pilih: Sheila on 7, Linkin Park, Dewa-termasuk Ari Lasso, The Corrs, Katon Bagaskara termasuk Kla Project-nya, Chrisye, dan banyak juga sih, soalnya misalnya untuk beberapa penyanyi ato band aku kadang hanya suka segelintir dari lagunya itu, paling 2-3, dan gayanya yang khas seperti Oasis, Lighthouse Family, Fun Factory, Project Pop, Madonna, Dr. PM, The Groove, Firehouse, Kahitna, Gigi, Savage Garden, Coldplay, Matchbox Twenty, Mariah Carey, Vertical Horizon, R.E.M, dan banyak ah,,,

Kalo untuk lagu nostalgia, paling seneng ma...wah kalo luar sih banyak, lagu-lagu everlasting love kayak Lobo, Diana Ross, Rod Stewart, Richard Marx, Air Supply, The Beatles, tapi sebenranya lebih suka ke lagunya daripada penyanyinya. Kalo indo, paling suka ma Ratih Purwasih, Koes Plus, Dewi Yull, remake yang dinyanyikan Rani, dan sebagainya, emang lebih suka ma lagunya dibandingkan dengan yang menyanyikan.

Lagu dangdut, suka ma Rhoma Irama ma Ikke Nurjannah, lagu rohani paling suka ma Haddad Alwi. Keroncong juga suka, apalagi dengan gayanya Rama Aiphama. Aku juga suka ma lagu-lagu campursari dan sedikit lagu sunda, minang ma batak.

Bener-bener kompleks, aneh gak sih???

Berapa koleksiku. Di Winamp teratat, kalo aku play semua membutuhkan 13 hari lebih 17 jam lebih untuk memainkan semua koleksi mp3-ku. Sekitar 18.5 GB lebih dan 4000 file mp3 lebih.

0 komentar: